Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artinya Rungkad Adalah Sebagai Berikut

 Artinya Rungkad Adalah - bikin beberapa orang ingin tahu. Makna 'rungkad sayang' terakhir ramai dibincangkan habis selebritis TikTok asal Pangandaran membikin conten video dengan makna itu.


Dalam publikasi lain, ia pun mengucapkan 'rungkad siti'. Warganet terus menyoalkan apa artinya rungkad yang sesungguhnya. Karenanya makna itu kedengar asing buat mereka.




Dikumpulkan dari bermacam sumber, Senin (27/6/2022), secara harfiah rungkad berarti remuk, jatuh, serta hancur berkeping-keping. Makna ini asal dari bahasa Sunda buat mendeskripsikan hati satu orang yang lagi tak baik saja.


Kata rungkad sedang tenar serta jadi bahasa gaul di golongan masyarakat milenial. Lantas, apa sesungguhnya pengertian serta makna kata rungkad? Berikut reviewnya.


Rungkad dalam Bahasa Sunda serta bahasa gaul punya makna tidak sama dengan pengertian yang serupa. Keseluruhannya, kata ini mengartikan satu perihal yang jelek di situasinya.

Baca Juga :

Rungkad atau dikatakan dengan juga Rongkad sesungguhnya asal dari Bahasa Sunda. Akan tetapi, seandainya dialihkan ke Bahasa Indonesia, punya makna jatuh sampai akar-akarnya tercabut.


Walaupun lantas sesungguhnya rungkad ini berarti tumbang, namun ke bahasa gaul adalah perumpamaan, di mana satu orang tengah ada dalam sebuah persoalan. Apabila dikonotasikan dalam pernyataan lain, makna rungkad sayang punya makna mirip dengan ambyar ke bahasa Jawa.


Tidak sekedar bab hubungan cinta, makna ini dapat juga dipakai buat situasi lain seperti persoalan usaha, keuangan, dan sebagainya. Contohnya, sewaktu seseorang lagi putus cinta, ia dapat mengucapkan 'rungkad sayang'. Perumpamaannya, "Ditinggalkeun kabogoh, rungkad sayang" (dibiarkan pujaan hati, remuk saya).


Pada situasi lain, sewaktu satu orang lagi menjalankan usaha setelah itu tidak sukses, ia dapat juga menyampaikan ucapan kata 'rungkad sayang'. Makna ini kerap kali dipakai buat mendeskripsikan hatinya yang remuk serta gak mempunyai daya.


Disamping kondisi yang dijelaskan sebelumnya, makna rungkad dapat juga dipakai dalam skema lain. Contohnya buat mendeskripsikan pohon yang jatuh, orang Sunda pun biasa memanfaatkan kata rungkad.


Contoh, "Tampik kalapa rungkad ku angin" (pohon kelapa jatuh oleh angin) serta "Tampik kalapa teh rungkad-nya, ampe tanehna oge awut-awutan" (Pohon kelapanya jatuh sampai tanahnya lantas awut-awutan).


Antiknya, makna rungkad yang dipakai di luar skema pengertian kenyataannya ini dikira berlebih. Kerapkali musuh bercakap memandangnya selaku lelucon atau candaan semata-mata seperti si selebritis TikTok yang membikin conten dengan makna ini. Penampilan serta gesturnya yang jenaka membikin makna rungkad jadi termasyhur.


Posting Komentar untuk "Artinya Rungkad Adalah Sebagai Berikut"